Loading ...


Teknologi Iradiasi

Prosedur ini menetapkan frekuensi kalibrasi survey meter dan digital exposure meter / pocket dosimeter

PELAKSANA:

Laboratorium Kalibrasi yang Qualified, yaitu organisasi yang memegang lisensi khusus dari BAPETEN atau Badan Usaha Milik Negara seperti PTKMR (Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi) BATAN yang melakukan pelayanan kalibrasi yang dijelaskan di prosedur ini. PPR atau individu yang ditunjuk oleh PPR akan bertanggung jawab untuk memastikan survey meter dan digital exposure meter / pocket dosimeter di kalibrasi secara berkala sesuai prosedur.

FREKUENSI:

Survey meter radiasi dikalibrasi secara berkala tidak lebih dari 1 (satu) tahun sekali. Digital Exposure Meter / Pocket Dosimeter dikalibrasi secara berkala tidak lebih dari 1 (satu) tahun sekali.

PROSEDUR:

A. Kalibrasi Survey Meter Radiasi dilakukan bergiliran sekurang-kuranganya dari 2 survey meter, survey meter yang bisa dioperasikan harus selalu tersedia di fasilitas setiap saat.
B. Semua alat yang dicurigai atau diketahui rusak akan diperbaiki dan dikalibrasi lagi sebelum digunakan.
C. Survey meter radiasi yang di kalibrasi mempunyai keakuratan ± 20%. Digital Exposure Meter / Pocket Dosimeter mempunyai keakuratan ± 30%.
D. Semua alat yang dikalibrasi, diberi label yang menyatakan tanggal kalibrasi dan tanggal jatuh temponya.
E. Rechargeable alat akan di pasang pada power supply yang sesuai, ketika tidak digunakan, untuk menjaga pengisian daya baterainya.
F. Sebelum menggunakan survey meter, alat tersebut harus bisa dioperasikan dan terkalibrasi, pastikan dengan memaparkan alat pada check source yang memadai. Survey meter harus membaca sekurang-kurangnya 3mR/h untuk dapat diterima dan digunakan.
G. Rekaman Kalibrasi alat-alat tersebut di simpan selama periode 3 (tiga) tahun dari tanggal kalibrasi

 

Dikutip dari : Teknologi Iradiasi/ blogspot.