Loading ...


3 Sumber Kesalahan Dalam Pengukuran

kalibrasi.com Dalam proses pengukuran, setidaknya ada tiga faktor yang sangat mempengaruhi yaitu:

  • Benda ukur,
  • Alat ukur, dan
  • Orang yang melakukan pengukuran

Semua hasil pengukaran tidak mungkin selamanya tepat atau absolut karena di batasi oleh berbagai macam hal. Hasil pengukuran yang di tunjukan adalah hasil yang paling mendekati dengan  harga geometris objek ukur. Meskipun begitu, masih ada terjadi penyimpangan pengukuran.

Selain itu, masih ada hal lain yang mengakibatkan penyimpangan pengukuran, yaitu faktor lingkungan. Faktor lingkungan sangat menentukan proses pengukuran.

 

1. Alat Ukur Mempengaruhi Kesalahan Pengukuran

 

Keselahan pengukuran yang tidak diperhatikan tentunya akan sangat merugikan. Oleh karena itu,

Kegiatan kalibrasi sangat di anjurkan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan pengukuran. Kegiatan ini sangat diperlukan untuk memeriksa skala ukur untuk menghindari sifat-sifat yang merugikan dari alat ukur, seperti kestabilan nol, kepasifan, pengambangan, dan sebagainya.

 

2. Benda Ukur Mempengaruhi Kesalahan Pengukuran

Ada beberapa benda ukur yang terbuat dari bahan alumunium seperti berbentuk silinder, kotak-kotak kecil dan sebagainya, jadi tidak semuanya terbuat dari besi. Benda ukur yang terbuat dari alumunium bersifat elastis yang apabila ada beban maka benda ukur tersebut mengalami perubahan bentuk. Teknisi atau seseorang yang menggunakan alat ini harus berhati-hati karena amat rentan dengan penyimpangan  pengukuran. Oleh karenanya, perkiraan besarnya kontak sensor alat ukur harus sangat di perhitungkan.

 

 

3. Lingkungan Mempengaruhi Kesalahan Pengukuran

 

Sesempurnanya alat ukur yang digunakan, tidak menampik kemungkinan akan adanya penyimpangan pengukuran. Lingkungan menjadi salah satu pengaruhnya, seperti human error. Bahkan, hasil yang di peroleh dari dua orang bisa berbeda walaupun menggunakan benda pengukuran yang sama.

 

Demikianlah 3 sumber kesalahan yang terjadi dalam pengukuran. Ke 3 faktor tersebut haruslah benar-benar di perhatikan, terlebih lagi faktor kalibrasi alat ukur, karena kegiatan kalibrasi alat ukur mampu juga merawat alat ukur agar awet. Namun, bagi Anda yang mencari jasa kalibrasi, Dinamika Kalibrasi Indonesia siap menyediakan jasa kalibrasi yang mampu membantu Anda melakukan jasa kalibrasi dengan tepat. Segara hubungi kami disini untuk dapat mendapatkan penawaran harga terbaik perihal jasa kalibrasi.