Loading ...


Apakah Anda Suka Menggunakan Smartband ?

Informasi pribadi perlu selalu update.

Sering kesalahan yang kerap dilakukan pengguna smartband adalah, malas mengisi data pribadi secara detail dan akurat. Sementara ketika mulai mengaktifkan gelang pintar, Anda pasti diminta menciptakan akun pribadi. Data-data pribadi tersebut akan meliputi usia, tinggi badan, berat badan, dan jenis kelamin yang harus dimasukkan secara benar.

Database yang diinput  kemudian disinkronisasi dengan smartphone itu, sebaiknya diisi dengan lengkap.  Hal ini berfungsi sebagai pembanding pada fitur fitness tracker, agar lebih akurat memprediksi jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, dan jumlah langkah yang telah terlampaui oleh pengguna.

Gunakan tangan yang sama supaya smartband memberikan hasil ukur akurat dan presisi

Beberapa tipe smartband, selalu meminta penggunanya mencatat tangan mana, yang harus digunakan untuk mengoptimalkan perangkat. Jangan pernah mengabaikan hal ini, karena akan mempengaruhi sensitivitas sensornya. Sebaiknya, pilih tangan yang jarang digunakan untuk beraktivitas, kiri misalnya. Hal ini berguna untuk mengimbangi tangan dominan, yang cenderung lebih sering bergerak.

Perlu diperhatikan jangan lupa menon-aktifkan sleep mode

Salah satu hal yang menarik dari perangkat gelang pintar adalah, kemampuannya mencatat waktu tidur si pengguna. Namun mode ini biasanya mesti diaktifkan, dengan menekan tombol perintah tertentu. Akan tetapi ada baiknya, bila menon-aktifkan mode ini saat Anda masih beraktivitas. Hal ini berguna untuk menjaga catatan pola tidur agar tidak terganggu. Oleh karena itu, selalu aktifkan sleep mode hanya saat Anda sudah siap tidur, sehingga data yang tercatat lebih valid.

Mengatur target yang benar atau sesuai dengan kondisi anda

Pada umumnya, smartband yang baru diaktifkan akan mengatur target 10.000 langkah per-hari. Target ini tentu tidak relevan, bila diterapkan pada semua orang. Karenanya, target tersebut sebaiknya disesuaikan dengan tingkat pola aktivitas Anda. Bila baru memulai, sebaiknya aturlah target pada 5.000 atau 6.000 langkah sehari. Bila target telah tercapai, Anda pun dapat meningkatkannya sedikit demi sedikit.

Perlu dilakukan kalibrasi untuk akurasi hasil ukur

Perlu diketahui, fitur kalibrasi ini hanya terdapat di beberapa merk gelang pintar, seperti Jawbone dan Fitbit. Fitur ini memiliki fungsi yang mampu mengatur ulang proses reading pada sensor smartband. Sehingga, Anda pun dapat menggunakan fitur ini, apabila merasa jarak tempuh yang dicatatkan tidak lagi akurat atau mengalami gangguan sistem ketika aplikasi yang digunakan tidak berjalan baik.

 

Sedikit wacana yang kami berikan semoga bemanfaat!

Dikutip dari artikel   : fathia.azkia